Keseriusan Polri Dalam Bersih bersih Personel, 25 Anggota Polda Sultra dipecat Sepanjang Tahun 2022

BERBAGI

Sulawesi,FPII SUMBAR.COM – Sepanjang 2022, sebanyak 25 personel Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) dipecat karena melanggar kode etik dan disiplin.Kabidkum Polda Sultra Kombes Pol La Ode Proyek Wiku mengatakan dari 25 anggota tersebut, 13 di antaranya terlibat kasus penyimpangan seksual. “Awalnya ada 6 orang, dan setelah ditelusuri ternyata sampai 13 orang. Ada di Polda ada juga di beberapa polres,” ungkapnya dalam rilis pers, dikutip Jumat (30/12/2022)

Sementara itu, Wakapolda Sultra Brigjen Pol Waris Agono menyebut total personel yang mendapat penegakan disiplin dan kode etik mencapai 75 orang,”Tuturnya.

25 personel mendapatkan sanksi berat berupa pemberhentian dengan tidak hormat (PTDH) atau pemecatan.Sedangkan sisanya, ada yang menerima sanksi berupa demosi serta penempatan khusus.Menurut Waris, 25 orang anggota telah mendapatkan putusan pemecatan dan ada beberapa yang masih dalam proses persidangan.

Waris menjelaskan para anggota yang menerima sanksi pemecatan memang melakukan pelanggaran yang tidak bisa ditoleransi. Ada yang melakukan pelanggaran berupa tindakan asusila, perilaku seks menyimpang, pungli saat penerimaan calon bintara, hingga desersi. Lebih lanjut, Waris mengingatkan kepada para polisi yang masih bertugas untuk melaksanakan tugas dengan baik dan benar.

Ia mengimbau untuk selalu mengikuti aturan disiplin kode etik, bekerja dengan tertib, serta melayani masyarakat dengan baik. Selain itu, Waris meminta anggota Polda Sultra agar tidak aneh-aneh dan jangan merugikan masyarakat.Waris juga menekankan supaya tidak melakukan perbuatan yang menyimpang, baik secara norma agama maupun norma sosial,”Tutupnya.