Sosialisasi Aplikasi Dapodik Versi 2022.a Oleh Dinas Pendidikan Terhadap Kepsek SD Dan Operator Se-Palupuh

BERBAGI

 

fpiisumbar.com, Agam ~ Dapodik atau data pokok pendidikan adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama Pendidikan nasional, bagian dari program perancanaan Pendidikan nasional dalam mewujudkan insan indonesia yang cerdas dan kompetitif.

Hari ini Senin (16/08/21) Dinas Pendidikan Kabupaten Agam, mengadakan sosialisasi Aplikasi dapodik versi 2022.a di Palupuh, yaitunya di SDN 08 Nan Limo Mudiak. Acara ini diikuti oleh 19 orang Kepala Sekolah Dasar dan 19 orang operator sekolah dasar, se kecamatan Palupuh.

Derri Muspika Spd selaku kepala sekolah SDN 08 dan juga selaku tuan rumah, diselenggarakan sosialisasi aplikasi dapodik 2022.a ini memaparkan kepada awak media. bahwa beliau beserta jajaran yang beliau pimpin, mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diamanatkan kepada beliau, untuk tempat penyelenggaraan acara sosialisasi ini, ujarnya. Untuk hari ini kegiatan pembelajaran tatap muka untuk shif satu, ditiadakan. Wali kelas telah memberikan tugas kepada siswa lewat daring, tungkas beliau.

Rina nelly MPd selaku KUK Palupuh, menyatakan kepada para kepala sekolah dan juga operator sekolah SD se- Palupuh, agar lebih hati-hati meng input data, karena ini adalah data yang bersumber dari sekolah, ujarnya. Harapannya sekolah bekerjasama dengan operator, karena kepala sekolah bertanggungjawab penuh atas keabsahan data yang diimput, tukas ibu yang juga pengarang atau sastrawan ini.

Aldi dan Taufik Akbar mewakili dari dinas pendidikan kabupaten Agam menegaskan bahwa versi ini 2022.a ini adalah aplikasi terbaru dan perbaikan dari aplikasi yang dilakukan untuk menunjang pendataan yang lebih baik, sehingga aplikasi Dapodik 2022 diperbaharui ke versi 2022.a
Dengan langkah langkah sebagai berikut, ujar mereka.
1. Unduh patch 2022.a pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/
2. Install patch 2022.a
3. Refres browser (ctrl+F5)
4. Login aplikasi dapodik.
5. Pastikan tampilan aplikasi sudah menggunakan versi 2022.a
6. Gunakan fitur tarik data untuk pembaruan referensi aplikasi.

Semoga dengan diperbaharuinya aplikasi dapodik ini kegiatan di dinas pendidikan semakin terbaharukan dan data yang masuk dapat dimengerti dan difahami lebih mudah bagi insan dunia pendidikan.( Fpii Bukittinggi- agam)

( iing chaiang )